Air Conditioner Tidak Dingin, Inilah 3 Penyebab serta Solusinya

Temperatur AC tiba-tiba tidak lagi layak yang diharapkan. Badan jadi gerah dan rasa tidak nyaman menyelimuti badan. Jikalau itu terjadi, penyejuk ruangan Anda mengalami keadaan sulit. Jika kamu berminat dengan AC, kamu dapat kunjungi situs toko ac.

Masalah yang umumnya dialami Air Conditioner lazimnya itu-itu saja. Seorang teknisi Air Conditioner dapat dengan gampang mendeteksi tiga gejala kenapa AC tidak dingin. Pertama, dapat dikarenakan freonnya yang habis.

"Kemungkinan freon juga habis, atau bocor," ujar Mulyadi dari perusahaan ahli Air Conditioner. Mulyadi membeberkan jika mendeteksi freon habis dapat dengan menikmati apakah pipa Air Conditioner tak terasa dingin serta tak mengeluarkan bunga-bunga es. Berikutnya udara di komponen outdoor AC tidak terasa panas serta indikator lampu timer jadi berkedip-kedip.

Yang kedua, mesin blower atau kipas Air Conditioner yang terletak di komponen indoor ruangan tak bekerja optimal, atau pun mati. Sebab itu, tidak ada sirkulasi udara di dalam ruangan AC sehingga Air Conditioner tidak dingin.

"Mesinnya bisa juga mati. Bukan mesin kompresornya ya, tetapi mesinnya yang di luar (mesin kipas Air Conditioner)," lanjutnya.

Terakhir, keadaan sulit klasik yang menghinggapi AC kondensor dalam situasi dekil. Kondensor terdapat di dalam bagian dalam Air Conditioner, jika bagian ini dekil karenanya performa Air Conditioner tak stabil. Udara di ruangan yang diharapkan teduh menjadi hangat.

Mulyadi memberikan tips untuk Anda yang berkeinginan mengetahui apakah Air Conditioner tidak dingin sebab kondensor dekil. Hal itu bisa ditaksir melalui usia penyejuk ruangan semenjak pertama kali diterapkan. Ia yakin, Air Conditioner berusia di bawah satu tahun tak dingin dikarenakan kondensor kumal.

"Seandainya untuk Air Conditioner yang baru setahun, AC engga dingin karena 60 persennya kotor. Namun seandainya udah penerapan lebih dari satu tahun 40 persen kemungkinanya freon sama mesinnya itu," jelasnya.

Tiga penyebab AC tidak dingin itu tak jarang ditangani teknisi AC, patokan harganya malahan beragam. Tergantung seberapa parah masalahnya. Semisal, biaya untuk membersihkan kondensor dekil sebesar Rp 150.000. Dikala membersihkan kondensor, semua teknisi Air Conditioner bakal mengecek situasi freon dan fungsi mesin kipas Air Conditioner.